Kamis, 21 Januari 2010

Waspadalah...

Apakah anda pemakai facebook.com ?

Kalau iya, maka setelah membaca tulisan ini mungkin anda perlu berfikir ulang untuk lebih berhati-hati dalam memakainya. Facebook memang unik dan menarik.

Kita dapat berhubungan dengan teman-teman lama kita melalui algoritme jaringan yang disediakan oleh facebook. Dengan mudahnya kita dapat menemukan teman-teman lama dari sejak sekolah dasar sekalipun.

Sudah tentu adalah sangat menyenangkan, bertemu kembali dengan teman lama yang dulu pernah akrab. Facebook juga menyediakan tool-tool dimana komentar atau photo-photo yang kita tampilkan akan dapat dibaca oleh orang lain atau teman kita.

Tahukan anda bahwa ada salah satu sisi buruk dari facebook yang bisa jadi membuat anda menjadi orang yang sedang gila ? atau mungkin malah anda termasuk daftar orang gila beneran karena facebook ini.

Kalau anda merasa tidak nyaman kalau tidak masuk Facebook dalam sehari, maka berhati-hatilah, bisa jadi anda termasuk orang yang sedang mengalami gila internet karena facebook. Kalau anda termasuk orang yang suka dan menunggu-nuggu apakah komentar atau tulisan anda dikomentari orang lain, maka bisa jadi anda adalah orang yang tergila-gila dengan perhatian orang lain.

Mudharat-nya Face book (kebalikan dari manfaat)

1. Mengganggu kesehatan

Menurut ahli psikologi Inggris, Dr. Aric Sigman : pengaruh face book membuat orang terpisah satu sama lain karena ke asyikan berinteraksi secara virtual. Fenomena tersebut dapat menimbulkan efek biologis. Kurangnya pertemuan face to face bisa mengubah kerja gen, menganggu respon kekebalan, level hormon, fungsi arteri dan mempengaruhi keadaan mental. Keadaan tersebut diklaim bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan serius seperti kanker, stroke sampai demensia. Situs jejaring berperan penting membuat orang semakin terisolasi.

2. Meminimalisir interaksi sosial

Sebagaimana diketahui bahwa manusia tidak bisa hidup tanpa bersosialisasi, lebih baik bercengkerama 20 menit dengan tetangga daripada ber fesbuk ria 2 jam non stop. Lebih baik bercengkerama dengan keluarga 20 menit daripada ber fesbuk ria ber jam-jam.

3. Cinta Lama Bersemi Kembali

Iseng-iseng searching nama si dia sewaktu sekolah, eh... ternyata ketemu langsung deh di add and say hello ngobrol ngalor ngidul tentang masa lalu, terus ngajakin ketemuan, maka terbukalah pintu jalan menuju perselingkuhan. ini berbahaya bagi yang sudah berumah tangga

4. Menjadi kecanduan

Orang yang tidak bijak memanfaatkan facebook akan terkurung dalam narsisisme individual dan terisolasi dari dunia nyata.Mereka yang kecanduan merasa sudah punya banyak teman di dunia maya, lalu enggan menjalin relasi dengan sekitarnya. Hidup menjadi terkurung dalam dunia virtual.

5. Illusion of intimacy

Relasi sosial di fesbuk hanyalah sebuah ilusi. ”Orang merasa dekat dan intim di dunia maya, tapi tidak saling sapa di dunia nyata, bahkan mungkin tidak tahu nama tetangga sebelah. Ini yang disebut illusion of intimacy, ilusi akan keintiman yang berusaha dijembatani FB.

6. Menurunkan produktivitas kerja

Facebook dapat menurunkan produktivitas kerja karyawan, sehingga beberapa perusahaan sudah memblokir akses ke Facebook di kantornya. Bagaimana bisa bisa ber prestasi jika karyawannya kecanduan fesbuk.

7. Menurunkan gairah belajar

Ini juga yang mendasari MUI Jatim mengeluarkan larangan santrinya menggunakan fesbuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar