Selasa, 10 April 2012

Apa itu KEPERCAYAAN,,,

Hi all, artikel kali ini saya buat untuk menjawab sebuah pertanyaan dari sahabat saya, yang mana inti dari pertanyaannya adalah tentang kepercayaan..

Yups, saya tertarik untuk membuat artikel yang membahas tentang kepercayaan ini, karena saya rasa masih banyak di antara kita yang menganggap kepercayaan adalah sesuatu yang sepele, padahal…kepercayaan itu sesuatu yang sulit untuk di dapatkan, dan tentunya sesuatu yang harus terjaga sepanjang kehidupan kita, semoga dengan artikel ini..bisa membuka mata sahabat Akademi Cinta untuk dapat menghargai dan menjaga sebuah kepercayaan yang di dapatkan dari seseorang..

ready…??

Pernahkah anda di kecewakan oleh seseorang yang anda percaya sepenuhnya…? Bagaimana rasanya..? hancur dan kacau menjadi satu, rasanya tidak lagi ingin mempercayainya. Rasanya segala apa yang dia ucapkan hanyalah dusta, segala sesuatu yang sebenarnya baik ia lakukan menjadi buruk. Bagaimanapun rasanya, intinya satu…KITA SULIT UNTUK MEMPERCAYAINYA LAGI…!! That’s right..??

Sekarang bayangkan posisi anda sebagai pengkhianat (yang menghancurkan kepercayaan), bagaimana perasaan anda terhadap dia yang anda kecewakan..?? mungkin tanpa dosa anda masih bisa mengatakan semua itu biasa-biasa saja..?? YA..!! anda bisa berkata seperti itu jika anda adalah pengkhianat ulung. Jika anda mencintainya dan masih ingin di percayai olehnya..?? bagaimana perasaan anda..?? anda akan bingung, resah, dan menyesal telah mengkhianati kepercayaannya, seandainya waktu dapat terulang…anda ingin mendapatkan kepercayaannya kembali… That’s right..??

Lalu, pahamkah anda apa itu KEPERCAYAAN dan SEBERAPA PENTINGKAH MENJAGA KEPERCAYAAN..??



Kepercayaan adalah sebuah PENGHARGAAN atas sebuah KEJUJURAN..!! Seseorang yang JUJUR akan di berikan sebuah KEPERCAYAAN, dan itu sebagai sebuah bentuk PENGHARGAAN. Salah seorang sahabat saya bertanya, bagaimana caranya agar mendapatkan sedikit saja kepercayaan dari orang yang di sayanginya..? perhatikan ini ya….

Kita tidak di percayai oleh seseorang, itu karena secara sadar atau tidak sadar kita pernah berbuat TIDAK JUJUR. Dan oleh karena ketidak jujuran itu, secara langsung atau tidak langsung kita telah MENGECEWAKAN orang yang telah mempercayai kita. Kalau kita telah melakukan yang jujur dan yang baik, maka TIDAK ADA ALASAN bagi mereka untuk TIDAK MEMPERCAYAI kita. That’s it..!! Jadi kembali kepada Anda, tanya pada diri Anda apakah selama ini Anda telah berlaku jujur dan yang baik..?

Dan ingat ini, tidak ada cara apapun untuk mendapatkan kepercayaan orang lain selain dengan berlaku jujur. Saya ulangi… TIDAK ADA CARA APAPUN untuk mendapatkan KEPERCAYAAN orang lain selain dengan BERLAKU JUJUR. Sesuatu yang harus Anda pahami, bahwa kepercayaan tidak bisa DI BELI, kepercayaan tidak bisa di MANIPULASI, dan kepercayaan tidak bisa di PAKSAKAN..!! ia adalah sebuah PENGHARGAAN atas sebuah KEJUJURAN.

Saya akan beritahukan kepada Anda, BETAPA PENTINGNYA menjaga kepercayaan yang ada. PAHAMI INI.. Kepercayaan di ibaratkan sebagai sebuah CERMIN,  jika Anda MENGHANCURKAN cermin itu berkeping-keping, maka…akan dibutuhkan WAKTU yang SANGAT LAMA untuk MENGUMPULKAN dan MENYATUKAN kembali kepingan-kepingan pecahan itu, dan apabila sudah terkumpul dan menyatu, maka lihatlah..bahwa cermin itu TIDAK SEUTUH yang dulu… Hmmm… Anda paham maksudnya..??

Jika Anda menghancurkan kepercayaan yang di berikan seseorang kepada Anda, maka akan di butuhkan waktu yang sangat lama baginya untuk mempercayai Anda kembali, dan kalaupun ia telah bersedia untuk mempercayai Anda kembali, pasti kepercayaan yang di berikannya itu TIDAK SEUTUH seperti kepercayaan yang di berikannya pertama kali saat Anda menghancurkannya. Jadi, sekarang Anda lihat…??

Bahwa begitu PENTINGNYA kepercayaan untuk Anda JAGA, apalah arti sebuah hubungan jika dalam hubungan itu TIDAK ADA LAGI rasa saling percaya, yang ada hanya rasa saling mencurigai, menuduh, menuding, dan tentu semua itu tidak akan membawa dampak yang baik dalam sebuah hubungan.

Lalu apa yang dapat anda lakukan jika anda telah mengecewakan dan menghancurkan kepercayaan dari seseorang, bagaimana anda bisa membuatnya kembali mempercayai anda…?? Hanya ada 3 LANGKAH..!

1.    MENYESALI dan MULAI MENGHARGAI ARTI SEBUAH KEPERCAYAAN.
Jika anda menyesali atas kesalahan yang anda lakukan, maka itu langkah pertama terpenting. Karena anda tidak akan bisa berubah dan melakukan sesuatu yang benar jika anda tidak menyesali perbuatan anda yang salah, anda akan cenderung menganggap yang salah adalah benar atau masih wajar. Jika anda menyesali, maka anda memahami bahwa itu adalah sesuatu yang salah dan HARUS DI PERBAIKI, maka untuk memperbaiki KEPERCAYAAN orang lain..anda harus MEMPERBAIKI PENGERTIAN ANDA TENTANG ARTI SEBUAH KEPERCAYAAN. Bagaimana Anda bisa menghargai kepercayaan yang di berikan jika anda tidak paham,tidak ngerti apa itu dan pentingnya kepercayaan. Hm? Maka ini adalah langkah pertamanya, lalu..

2.    MEMINTA MAAF kepada DIA YANG ANDA KECEWAKAN.

Beratkah meminta maaf..? tapi ini bukan masalah berat tidaknya meminta maaf, dengan meminta maaf berarti Anda mengakui bahwa anda salah dan masih ingin menjalin hubungan baik dengan orang yang anda mintai maaf, masalah di maafkan atau tidak itu masalah dia, yang terpenting bagi Anda adalah anda meminta maaf atas kesalahan yang anda lakukan, katakan bahwa anda menyesal telah mengkhianatinya,dan yakinkan padanya bahwa anda tidak akan mengulanginya lagi,katakan juga betapa anda masih ingin bersamanya dan menjalin hubungan baik dengannya. Lakukan itu TANPA harus ber-DRAMA, lakukan dengan KETULUSAN.

3.    JAGA dan BINA KEPERCAYAAN KEDUA
Maksudnya….? Pernah dengar kesempatan kedua…??? Hm…seperti itulah nantinya anda memperlakukan kepercayaan kedua yang ia berikan kepada Anda. Betapa pentingnya anda MENYADARI bahwa kepercayaan kedua ini adalah kepercayaan yang terakhir yang akan menjamin kepercayaannya kepada anda di masa mendatang, jadi bisa anda bayangkan bagaimana jika anda menghancurkan kembali kepercayaan kedua ini…? Jangan pernah berharap akan ada kepercayaan ketiga..!! Saya BERANI TEGASKAN itu, bahwa kita semua manusia hanya memberi kesempatan pertama dan kedua, untuk kesempatan kedua yang kita berikan kita masih perhitungan, apalagi kesempatan ketiga. Hm? Jadi, langkah ketiga setelah anda meminta maaf padanya adalah JAGA dan BINA KEPERCAYAAN KEDUA yang dia berikan kepada Anda…

Tiga hal di atas dapat anda lakukan untuk MEMPERBAIKI KEPERCAYAAN orang lain yang telah anda runtuhkan, namun sekali lagi yang ingin saya tegaskan kepada anda… HARGAILAH KEPERCAYAAN YANG ANDA DAPATKAN DARI ORANG LAIN, karena itu SATU BENTUK PENGHARGAAN yang SULIT ANDA DAPATKAN…!! ANDA DI PERCAYA, KARENA ANDA MELAKUKAN YANG JUJUR. Dan TIDAK ADA CARA APAPUN UNTUK MENDAPATKAN KEPERCAYAAN SESEORANG SELAIN DENGAN BERLAKU YANG BAIK DAN JUJUR. Jadi, anda ingin di percaya..? caranya simple, lakukan yang baik dan jujur. Anda ingin kepercayaan anda di hargai, maka mulailah dengan menghargai kepercayaan orang lain. Anda ingin memperbaiki kepercayaan yang anda hancurkan..? maka menyesali,meminta maaf dan menjaga kepercayaan kedua adalah solusinya…! That’s it…!!

Jika Anda Anggota Akademi Cinta, maka..tanamkanlah karakter seseorang yang DAPAT DI PERCAYA dan DI ANDALKAN. Dengan Anda di percaya, Anda memiliki nilai kualitas, dan loyaliti. Diri Anda akan mempunyai HARGA, sebagai seseorang yang dapat di percaya dan teruji kualitasnya.  Mereka yang menghancurkan kepercayaan dan menyia-nyiakan kepercayaan sesungguhnya sedang menuju ke kehancuran hidupnya sendiri, perlahan tapi pasti. Apa artinya hidup jika Anda TIDAK DI PERCAYA oleh siapapun, kemana Anda akan mencari KEPERCAYAAN itu…? TIDAK KEMANA-MANA, segalanya DI MULAI DARI DIRI ANDA…!! NEXT TIME, saya akan bahas tentang KEJUJURAN yang AKAN MENGUBAH HIDUP Anda…!!
Be HONESTY, Be SEXY..

Masih kurang jelas dengan Artikel ini..?? Konsultasikan kembali…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar