Minggu, 14 November 2010

.IKHLAS kunci pembuka KEBAIKAN..

Pernahkah kita mendengarkan ucapan seperti ini : lebih baik memberi sedikiit tapi IKHLAS daripada banyak tapi tidak IKHLAS. makanya yang IKHLAS dong kalau memberi.....kapan IKHLAS nya diungkit-ungkit melulu.yang IKHLAS dong biar plong..

Sesungguhnya keikhlasan niat merupakan kunci utama untuk membuka segala pintu amal kebajikan dan dengan niat yang ikhlas inilah baru akan terpenuhi salah satu dari dua syarat diterimanya suatu amalan.
Allah ‘Azza wa Jalla berfirman,
وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ
“Padahal mereka tidak disuruh, kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepadaNya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat, dan yang demikian itulah agama yang lurus.” (QS. Al Bayyinah: 5)

Allah SWT berfirman,
فَمَنْ كَانَ يَرْجُو لِقَاءَ رَبِّهِ فَلْيَعْمَلْ عَمَلًا صَالِحًا وَلَا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِ أَحَدًا
“Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Rabbnya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang shalih dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadah kepada Rabbnya.” (QS. Al-Kahfi: 110)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى
“Sesungguhnya perbuatan itu tergantung pada niatnya, dan setiap orang mendapatkan seperti yang dia niatkan.” ( HR. Bukhari 1/1527 dan Muslim 1907)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Sesungguhnya Allah tidak menerima suatu perbuatan kecuali yang diikhlaskan semata untuk mencari ridhaNya.” (HR. An-Nasa’i 2/59)

Jama"ah Fesbukiyah....
Jadikan setiap melakukan sesuatu ikhlas karena Allah,semata-mata ingin mencari ridhoNya,jangan berharap pamrih dibalik apa yang kita lakukan.Karena berharap balasan dari manusia hanya akan membuat kita kecewa,karena kuasa manusia amat terbatas sedang Allah Maha Kuasa tidak terbatas kemurahanNya. Balasan Allah berupa kesehatan,ketentraman hati,iman dalam Islam,kemudahan beribadah jauh lebih berharga ketimbang apa-apa yang sanggup diberikan oleh manusia.

Semoga kita semua tergolong dari hamba Allah yang selalu IKHLAS dalam mengamalkan semua Perbuatan.amiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar