Rabu, 29 Februari 2012

Cara Gabung google+ ?



Google tidak mau ketinggalan dengan boomingnya situs-situs jejaring sosial, hingga akhirnya meluncurkan fitur jejaring sosialnya yang disebut dengan google+. Fitur google ini beralamat di plus.google.com. Setelah diluncurkan selama dua pekan, situs jejaring sosial ini telah digunakan oleh kurang lebih 10 juta orang. Angka tersebut dirilis oleh Paul Allen dari Ancestry.com. Karena masih dalam tahap pengembangan, google+ kelebihan beban kuota anggota sehingga untuk sementara layanan untuk gabung ditutup. Para pengguna yang ingin bergabung perlu untuk menunggu hingga akhirnya situs ini dapat digunakan oleh setiap orang. Jika kita telah memiliki akun google, cukup mudah untuk masuk(sign in), yaitu tinggal masuk ke akun google dan buka plus.google.com, namun bagi yang baru akan bergabung untuk sementara tidak bisa.

Berbeda dengan facebook yang memiliki kekurangan dalam hal privasi, google+ hadir guna menutupi berbagai permasalahan yang ada dari Facebook dalam hal keamanan, serta privasi. Meskipun dari tampilan ada sedikit kemiripan, namun fitur-fitur yang ada di dalamnya cukup berbeda. Diantara fitur-fitur yang ada yaitu, sebagaimana yang disebutkan oleh ivanprakasa.wordpress :

Google+ mencoba mengkotak-kotakkan kehidupan kita di social media sesuai dengan karakter kita layaknya di dunia nyata. Sebagai contohnya : bila kita berbicara dengan teman akrab pasti obrolan dan omongan kita akan blak-blakan dan bebas meledek satu sama lain tanpa takut terjadi salah paham. Namun apa jadinya jika kita berbicara dengan guru atau dosen misalnya ? Tentunya tutur kata dan pola bahasa kita akan lebih santun terhadap mereka.

Melalui salah satu fitur “circle” kita bisa mengklasifikasikan teman-teman kita ke dalam kelompok masing-masing, Seperti berada di dunia nyata, kita sendiri lah yang mengelompokkan teman-teman kita tersebut kedalam kelompok-kelompok. Misalnya teman, saudara, guru/dosen, grup pencinta alam, dsbnya. Dengan adanya fitur “circle” tersebut, menjadikan Google+ memiliki kelebihan dalam hal update status. Saat kita melakukan update status, kita akan ditanya ke “circle” manakah status tersebut akan di publish ? Dan pada akhirnya status yang kita tulis hanya dapat dibaca oleh mereka yang ada di “circle” yang kita tuju.

Lewat “circle” pun kita tidak perlu pusing kebanjiran status dari berbagai pihak yang mungkin jumlahnya ratusan bahkan ribuan. Kita dapat mengelompokkan masing-masing orang ke dalam “circle” kita dan melalui “circle” itu pula kita dapat mengelompokkan status mereka. Di bawah ini saya coba tampilkan “circle” IT partner yang saya miliki. Dari gambar dapat dilihat bahwa hanya status dari “circle” IT partner saya yang muncul.

Fitur lain yang menjadi keunggulan google+ adalah fitur “sparks”. Dengan fitur “sparks” kita bisa memperoleh segala hal yang berkaitan dengan minat kita. Sebagai contoh jika kita mengidolakan seorang Sherina Munaf, maka kita dapat mengklasifikasikannya ke dalam “sparks” dan kita akan memperoleh segala hal terkait dengan sang idola.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar