Rabu, 07 Desember 2011

Jatah AFC Champions League 2012 Persipura Hangus?

BAHWA Persipura digugurkan haknya untuk mengikuti babak penyisihan grup AFC Champions League 2012, hal itu sudah dipublikasikan. Tapi siapa yang berinisiatif?
AFC langsung atau AFC atas permintaan PSSI? Ini yang masih simpang siur. Narasumber di AFC yang tak mau disebutkan namanya, menurut AFP (kantor berita Prancis), menyatakan keputusan AFC menggugurkan hak Persipura tersebut berdasarkan permintaan dari PSSI. Menurut PSSI, AFC-lah yang tidak bersedia Persipura karena memilih berlaga di kompetisi tak resmi (ISL) musim ini.
Justru PSSI yang meminta Persipura tidak didaftarkan karena alasan tersebut. "Berdasarkan surat resmi PSSI, Persipura akan dikeluarkan dari kompetisi profesional Indonesia dan terancam sanksi dari PSSI," ujar sang sumber. "Kami sudah meminta laporan dari PSSI dan masih menunggunya. Kami harus mempelajari laporan tersebut. Tidak hanya AFC, tetapi juga FIFA akan terlibat. Kami akan berkoordinasi dengan FIFA dan menentukan apa yang harus dilakukan."
Selain minus Persipura, dilansir oleh 12pazblogspot, AC Champions League 2012 juga tidak diikuti klub Cina, Liaoning Whowin, yang menarik diri dari undian play-off karena memprotes tidak memperoleh jatah lolos otomatis ke babak penyisihan grup. Padahal Liaoning musim lalu menduduki peringkat ke-3.
2012, Juara Indonesia Harus Play-off
AFC melakukan perubahan pula pada klub-klub Korsel, Indonesia, dan Thailand. Ada yang dirugikan, ada yang diuntungkan. Indonesia dan Korsel termasuk yang dirugikan.
Korea Selatan (Korsel) kehilangan satu jatah untuk lolos langsung ke babak penyisihan grup AFC Champions League, meskipun Korsel memiliki catatan terbaik di Liga Champions Asia.
Klub-klub Korsel yang  tercatat tiga kali juara dalam sembilan turnamen terakhir, hanya mendapat 3 tempat, dari semula 4..Iran dan Arab Saudi juga mengalami pengurangan, begitu pula Indonesia.
Sebaliknya, Qatar dan Thailand mendapatkan tiket tambahan. Thailand, yang tahun ini hanya mendapat satu jatah tiket playoff, tahun depan akan mendapat satu tiket langsung ditambah satu tiket playoff.
Indonesia, yang tahun 2011 mendapatkan satu tiket langsung ke penyisihan grup dan satu tiket playoff, tahun depan hanya mendapat satu tiket playoff. Tidak ada lagi klub Indonesia yang lolos langsung.
AFC berdalih keputusan ini berdasarkan penilaian dari berbagai aspek. Menurut mereka, hanya Jepang (mendapat empat tiket langsung), Qatar dan Uzbekistan (dua tiket langsung).
Pembagian jatah tiket langsung ini akan direvisi kembali setelah kompetisi LCA musim 2012 usai, demikian diungkap AFC.
Selain LCA, AFC juga menggelar Piala AFC, d imana Indonesia mendapat satu tiket langsung, diwakili oleh Arema Indonesia.

SIAPA SAJA YANG LOLOS LANGSUNG?
Zona Barat:
Qatar (4)
Arab Saudi (3)
Uni Emirat Arab (3)
Uzbekistan (2)
Iran (2).

Zona Timur:
Jepang (4)
Korea Selatan (3)
Cina (3)
Australia (2)
Thailand (1)
Uzbekistan (1)

Tiket Play-off:
Zona Barat: Iran (2)
Arab Saudi (1)
Uni Emirat Arab (1)
Uzbekistan (1)

Zona Timur:
Korea Selatan (1)
Cina (1)
Australia (1)
Thailand (1)
Indonesia (1).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar