Selasa, 28 Desember 2010

Apa Kabar Jhonny van Beukering?


Striker keturunan Indonesia Belanda ini belum bisa memperkuat timnas Indonesia dalam ajang AFF 2010. Tapi dia tetap merindukan untuk menyandang Garuda di dadanya.
Demikian Dennis van Beukering, kakak kandung Jhon kepada Radio Nederland, sehari menjelang laga kedua Final AFF 2010 di Gelora Bung Karno Jakarta. Striker Feyenoord Rotterdam ini menyatakan siap melepas paspor Belandanya dan dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia.
Kecewa
Minat memperkuat timnas Indonesia bermula awal Oktober 2010 lalu ketika Jhon bersama dua rekannya Tobias Waisapy dan Raphael Maitimo diundang ke Jakarta untuk mempersiapkan pertandingan persahabatan lawan Uruguay. Namun sayang permasalahan paspor dan keberatan Uruguay mengganjal partisipasi mereka. Walau sangat kecewa tapi minat tidak pudar.
Feyenoord
Cita-cita ini belum punah, walau sekarang Jhon van Beukering sudah di Belanda lagi dan terikat kontrak dengan Feyenoord Rotterdam klub impian Jhon sejak masa kanak-kanak. Tapi peluang main di klub Indonesia masih tetap ada. Akhir musim depan ia bisa bebas. "Kontraknya di Feyenoord sampai akhir kompetisi ini (Juni 2011 red.) Kalau tidak diperpanjang, maka dia bisa bermain dimana saja." Ungkap Dennis van Beukering.
Syarat Naturalisasi
Untuk melepas warga Belandanya, Jhon ingin kepastian kontrak dari klub minimal 3 tahun. "Bagi Jhon tentu saja harus ada kepastian bisa bermain minimal tiga tahun di klub Indonesia. Dia sih sangat tertarik untuk menetap di Indonesia."
Bermain di Liga Indonesia dan timnas Garuda adalah cita-citanya. Kunjungannya ke Indonesia, Oktober lalu walau hanya sepekan tapi meninggalkan kesan mendalam kepada kakak beradik Dennis dan Jhon yang berkakek dan nenek asal Indonesia.

Keturunan Yogyakarta
"Walaupun zaman dahulu namanya Hindia Belanda, dan sekarang sudah berubah menjadi Indonesia, tapi tanahnya masih tetap sama. Orang-orangnya masih ramah." katanya kepada RNW (Radio Nederland Worldwide.)
Bagaimanapun juga keduanya punya ikatan istimewa dengan Indonesia, dan suatu ketika akan mengunjungi tanah asal kakek mereka di Yogyakarta. "Satu minggu itu kami hanya di Jakarta dan bertemu banyak orang termasuk Presiden Indonesia. Tapi suatu saat kita akan ke Yogya juga." Kata Dennis.
ISL atau LPI?
Publik Indonesia masih harus bersabar menantikan kedatangan Jhon van Beukering berseragam Garuda di Dadanya. Walau demikian Dennis sebagai manager tetap memantau hubungan dengan klub-klub di Indonesia. Setelah berbulan-bulan menanti kepastian, akhirnya Jhon akhir Desember ini menerima draft kontrak bermain di liga Indonesia. Jadi kalau kontrak di Feyenoord tidak diperpanjang maka, besar hampir pasti Beukering ke Indonesia. Mungkin ISL atau LPI. "Yang pasti Jhon van Beukering sudah jatuh cinta pada Indonesia, cuman belum tahu kapan," tukas Dennis mengakhiri perbincangan dengan Radio Nederland.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar