Kamis, 13 Januari 2011

Fisik Skuad Pra Kualifikasi Olimpiade 2012 Payah

Seleksi tahap II pembentukan skuad Pra Kualifikasi Olimpiade 2012 berakhir kemarin pagi. Dari seleksi tahap I dan II, pelatih timnas Alfred Riedl mengaku sudah mengantongi sekitar 20 nama pemain yang dia pilih.
     
Akan tetapi, ada satu hal yang membuat pelatih asal Austria itu ketir- ketir. Yaitu kondisi fisik pemain yang buruk dan mudah cedera.  Itu terbukti, saat menjalani seleksi yang materinya kebanyakan passing dan crossing saja, beberapa pemain tumbang.

Seleksi gelombang kedua kemarin ditutup dengan delapan pemain cedera.  Mereka antara lain Rahmat Latif (kram betis/Sriwijaya FC), Barkah Crustanto (lutut/Persijap), Burhanudin Nihe (demam/Persigo), Munadi (lutut/Persib), dan Ruben Wuarbanaran (otot perut bawah/FC Denbosch).

"Materi latihan baru passing dan crossing dan tidak ada latihan fisik. Tapi dengan itu saja sudah banyak yang cedera. Ini menunjukkan kondisi fisik pemain jelek," kata Alfred Riedl  usai memimpin seleksi di Lapangan C Senayan, Kamis (13/1).
    
Kondisi itu semakin memantapkan Riedl menggelar pelatnas jangka panjang. Mantan arsitek Timnas Vietnam dan Laos itu bersikukuh tidak ingin pemain dikembalikan ke klub di tengah pemusatan latihan (TC).  Riedl khawatir hal itu akan membuat pemain tidak berkembang.
  
"Saya paham klub menginginkan pemain mereka. Tapi hal itu itu tidak akan membuat mereka berada di level lebih tinggi. Buktinya, sebagian dari mereka datang ke sini dengan fisik yang buruk. Karena itu, saya ingin bekerja. Saya ingin membawa mereka ke level lebih tinggi. Tentunya dengan TC yang lebih lama," beber Riedl.
   
Dalam seleksi kemarin, gelandang blasteran Jogjakarta-Belanda Vincent Partosoebroto tampak juga sudah ikut latihan bersama. Tapi pemain Divisi 2 Liga Belanda SV Hooddorp itu hanya latihan sekitar 30 menit. Selanjutnya dia merapat ke tribun karena merasa pusing kepala.

"Dia dehidrasi. Tapi tidak masalah. Dia akan kembali ikut latihan di tahap III mulai 15 Januari nanti (Sabtu)," ujar Asisten Pelatih Timnas Wolfgang Pikal.
  
Sementara itu, deputy bidang teknik Badan Tim Nasional Iman Arif mengatakan, seleksi tahap III ( 15-17 Januari) akan diikuti dua pemain  keturunan Indonesia yang saat ini bergabung di FC Utrecht, Stefano Lilipaly dan Mark van de Mareel. "Kalau untuk dua pemain ini saya yakin kualitasnya di atas rata-rata," ujar Iman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar